Saat Mudik, Ada Mobil Patroli Siaga di Tol Fungsional Pemalang

Semarang – Arus mudik tahun ini, di Jawa Tengah akan dibuka jalan tol fungsional yang masih dibangun dengan total panjang 146,24 km. Kepolisian akan memberikan pengamanan dengan menyiagakan mobil patroli setiap 5 km.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan tol fungsional tersebut adalah Gandulan-Semarang 114 km dan Tingkir-Kartasura 32,24 km. Tol fungsional itu menjadi salah satu fokus dalam pengamanan arus mudik. Di ruas Gandulan-Semarang akan ditempatkan mobil patroli dan penerangan.

“Pemalang-Semarang fungsional, masih ada beberapa kekurangan, akan tambahkan setiap 5 km ada mobil patroli dari Brimob dan lain-lain. Serta penerangan SAR kami kerahkan,” Condro di gedung Gradhika Bhakti Praja Pemprov Semarang, Jumat (25/5/2018).

Tol fungsional Pemalang sampai Kalikuto (perbatasan Kendal-Batang) akan fungsional mulai H-10. Kemudian Tol Kalikuto-Semarang akan fungsional pada H-3 Lebaran.

Rekayasa lalulintas di tol fungsional itu sebelum H-3 yaitu arus mudik dari arah Brebes dikeluarkan di exit Gringsing sejauh 500 meter dan akan di masukkan ke tol fungsional menuju tol Krapyak Semarang.

Dir Lantas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin mengatakan kepadatan diprediksi akan terjadi di Pekalongan kota karena nantinya kendaraan berat yang melintas tol tidak boleh masuk tol fungsional dan akan dikeluarkan di Gandulan Pemalang.

“Yang mau ke Pekalongan, ke Batang, kendaraan-kendaraan besar semua harus keluar dari Gandulan,” kata Bakharuddin.

Sejumlah rencana rekayasa jika kepadatan terjadi sudah disiapkan. Bakharuddin mengimbau pemudik tetap berhati-hati dan waspada.

“Sekarang sudah bagus (jalan tol fungsional) sudah bagus. Tapi kecepatan maksimal tetap 40 km per jam,” pungkasnya.

 

Sumber : detiknews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Bantuan!
Selamat Datang Di Layanan Whatsapp Resmi Info Pemalang