Modul SMARTBOOK MATEMATIKA dan Pembelajaran Via Google Meet Menjadi Solusi Belajar Anak SD di Masa Pandemi Covid-19

Kabupaten Pemalang (31/7/2021) – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 12 Agustus 2021. Untuk kegiatan KKN tahun ini mengangkat tagline “KKN Pulang Kampung”, hal ini dikarenakan angka penyebaran Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Pandemi Covid-19 mempunyai dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini adalah bidang Pendidikan. Akibatnya, sistem pembelajaran di sekolah mengalami banyak perubahan. Pembelajaran secara daring diterapkan untuk semua sekolah. Perubahan mendadak ini menyebabkan ketidaksiapan para perangkat sekolah dan siswa-siswi yang harus menyesuaikan pembelajaran secara daring. Belum lagi dari kondisi siswa yang masih sulit untuk menjangkau pembelajaran secara daring, mulai dari ponsel, kuota internet, aplikasi penunjang pembelajaran daring dan lain sebagainya.

Masalah tersebut perlu mendapatkan solusi berupa metode pembelajaran yang diharapkan mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik. Selain itu, ada beberapa materi yang sulit diajarkan kepada siswa salah satunya materi matematika. Untuk materi matematika dibutuhkan pemahaman konsep yang mendalam terhadap materi dan juga alat penunjang pembelajaran. Kondisi ini, membuat mahasiswa S-1 Matematika UNDIP membuat program kerja berupa modul SMARTBOOk MATEMATIKA dan Pembelajaran Via Google Meet.

Modul SMARTBOOK MATEMATIKA berisi kumpulan materi singkat serta kumpulan rumus-rumus matematika kelas 3, 4, 5 dan 6. Selain membuat modul SMARTBOOK MATEMATIKA, diadakan juga Pembelajaran Bersama Via Google Meet. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas materi yang ada di dalam modul SMARTBOOK MATEMATIKA sekaligus untuk mengenalkan anak-anak SD pembelajaran daring melaui aplikasi Google Meet.

Kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan di SD N 02 Purwoharjo sebelumnya dilakukan via chat WhatsApp, sehingga masih ada keterbatasan dalam komunikasi antar siswa dan guru. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif untuk mengadakan Pembelajaran Bersama Via Google Meet. Dari kegiatan ini, anak-anak bisa berinteraksi secara tatap muka dengan teman-teman yang lain.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan Pembelajaran melalui Google Meet ini karena bisa melihat teman-teman yang lain. Dan disini juga ramai karena bersama teman-teman. Soalnya biasanya kalau belajar di rumah sepi karena cuma belajar sendiri. Jadi saya sangat senang dengan adanya pembelajaran ini”, ujar Janeeta salah satu anak yang mengikuti kegiatan Pembelajaran Bersama Via Google Meet.

Selain tanggapan antusias dari anak-anak SD, pihak guru SD N juga menyambut antusias kegiatan Pembelajaran Bersama Via Google Meet ini. Menurut salah satu guru SD N 02 Purwoharjo kegiatan ini merupakan hal baru bagi anak-anak sehingga anak-anak lebih antusias dalam mengikuti.

“Terimakasih mba sudah mengadakan kegiatan Pembelajaran Bersama ini. Kegiatan ini merupakan hal baru bagi anak-anak jadi anak-anak lebih antusias. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan semangat belajar anak untuk kedepannya”, ujar Ibu Rahayu salah satu guru di SD N 02 Purwoharjo

Dengan adanya kegiatan Pembelajaran Bersama Via Google Meet ini, mahasiswa KKN UNDIP berharap bahwa pembelajaran daring selanjutnya lebih baik lagi. Dan juga berharap anak-anak tidak bosan dalam belajar secara daring.

 

Penulis: Ade Ernis – Fakultas Sains dan Matematika UNDIP

Dosen Pembimbing: Asri Nurdiana, S.T., M.T.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Bantuan!
Selamat Datang Di Layanan Whatsapp Resmi Info Pemalang