Mari Berwisata Di Desa Wisata Cikendung

Berbicara tentang wisata memang tidak pernah ada habisnya. Khususnya di Kabupaten Pemalang yang memiliki banyak destinasi wisata. Banyak pilihan wisata yang ditawarkan di kabupaten pemalang, diantaranya wisata alam, wisata kuliner, dan lainnya. Jika anda ingin menikmati dingin dan sejuknya hawa pegunungan sambil menikmati kesenian tradisional seni dan budaya, anda bisa berkunjung ke daerah bagian selatan pemalang yaitu Desa Cikendung Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Desa Cikendung dikenal sebagai desa wisata budaya yang terkenal akan silakupangnya. Silakupang merupakan gabungan dari kesenian Sintren, Lais Kuntulan, dan Kuda kepang. Kesenian tersebut merupakan warisan dari nenek moyang yang masih dilestarikan. Tarian ini dibawakan oleh beberapa remaja perempuan dan laki-laki yang menari dengan menggunakan kuda kepang dan diiringi musik tradisional. Di akhir tarian, para penari akan mengalami kesurupan. Mereka akan terus menari dalam keadaan kesurupan sampai sang pawang melecutkan cambuk ke tubuh mereka dan membuat mereka sadar.
Disamping kesenian dan budayanya, Desa Wisata Cikendung juga memiliki wisata alam yang tidak kalah menarik dengan desa wisata lain yaitu Bukit Besek, Lembah Impian/Tebing Harapan, dan Curugnya. Untuk menuju Bukit Besek dan Lembah Impian tersebut dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit berjalan dari homestay. Di tengah perjalanan menuju Bukit Besek anda akan disuguhi pemandangan perkebunan palawija, perkebunan sereh dan semakin keatas anda akan disuguhi hutan pinus.

Untuk menikmati sunrise yang mengagumkan, anda harus naik ke Bukit Besek sebelum jam 5 pagi. Jika anda naik ke bukit saat cuaca mendukung maka anda akan dimanjakan dengan penampakan 7 puncak gunung yang tak kalah spektakuler, diantaranya Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Dieng serta Gunung Cermai.

Masalah kuliner, anda jangan khawatir karena Desa Wisata Cikendung menyuguhkan berbagai macam kuliner tradisional yang dapat anda nikmati seperti Nasi jagung, sayur daun singkong, pete rebus, ikan asin goreng, tempe goreng dan juga sambal khasnya yaitu sambal ontok. Tidak ketinggalan, jajanan tradisional hasil bumi akan anda temui seperti; jagung rebus, kacang rebus, ganyong, muntul dll.

Jika anda ingin membawa pulang oleh-oleh khas cikendung, anda bisa membeli camilan khas cikendung antara lain Angkleng, Keripik jagung, keripik pisang, keripik singkong, juga nasi jagung mentah yang bisa diolah sendiri sesampainya di rumah. Semuanya diolah sendiri oleh warga desa cikendung, tanpa bahan pengawet dan pastinya aman dikonsumsi.

 

Sumber : http://fedeppemalang.org/2016/09/mari-berwisata-di-desa-wisata-cikendung/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Bantuan!
Selamat Datang Di Layanan Whatsapp Resmi Info Pemalang