Mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Lakukan Pemetaan Geologi Di Pemalang

Mahasiswa dari jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta telah selesai melaksanakan Kuliah Lapangan Pemetaan Geologi di sebagian wilayah di Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dilaksanakan dari hari senin (10/7/2017) dan berakhir pada sabtu (22/7/2017).

Kegiatan ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa dari jurusan Teknik Geologi UPN “Veteran” Yogyakarta. Selama 2 minggu mereka meneliti jenis-jenis bebatuan kemudian dipetakan berdasarkan wilayah. Dengan dibagi menjadi 9 kelompok besar, mereka tersebar diwilayah pemalang bagian selatan meliputi Bodeh, Bantarbolang dan Randudongkal. Untuk wilayah Bodeh sendiri, Desa Pasir menjadi salah satu desa yang dipih menjadi tempat posko atau basecamp karena letaknya yang berada ditengah-tengah, dimana untuk mahasiswa yang menempati posko di Desa Pasir bertugas melaksanakan pemetaan  di wilayah Kecamatan Bodeh dan sekitarnya yang mencakup ampelgading, Payung, Parunggalih, Buaran, Sarwodadi, dan beberapa desa di wilayah Kec. Bantarbolang dan Randudongkal.

Kegiatan dimulai dengan melakukan survey ke beberapa titik lokasi kavling yang sudah dipetakan, Selanjutnya meraka melakukan penelitian dengan masuk ke daerah perbukitan, persawahan, sungai dan daerah-daerah bebatuan. Selanjutya para mahasiswa ini merekap ke dalam buku catatan harian untuk selanjutnya dimasukan ke dalam Peta sehingga akan tampak jelas jenis bebatuan yang ada di wilayah Pemalang, khususnya area Bodeh dan sekitarnya. Tujuan utama dari kegiatan ini sendiri selain sebagai tugas kuliah juga untuk meneliti jenis bebatuan yang ada diwilayah pemalang.


Sumber Desa Pasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Bantuan!
Selamat Datang Di Layanan Whatsapp Resmi Info Pemalang