Desa Wisata Penggarit Destinasi Wisata yang Ngangenin

Di Kabupaten Pemalang – Jawa Tengah, kita tidak hanya bisa mengunjungi tempat-tempat wisata seperti wisata alam ,wisata  sejarah, wisata budaya,wisata kuliner  dan wisata religi. namun juga ada salah satu wisata yang menarik yang harus traveler kunjungi yaitu Wisata ; Desa Wisata, Salah satunya Desa Wisata Penggarit. ‘Mengapa harus traveler kunjungi ? jawabannya ada dibawah ini :

1.Penggarit dengan Brand Icon Kampung Mangga

Selain memilki potensi keindahan alam yang masih alami, desa wisata Penggarit juga memiliki potensi perkebunan mangga yang sangat luas, salah satu jenis mangga yang diperkebunkan adalah Mangga jenis Arummanis. “Menariknya adalah pengunjung bisa memetik buahnya langsung dan menikmati manisnya buah mangga MP (masak pohon), dengan cara makan mangga yang berbeda, tidak dikupas kulitnya melainkan dengan dipotong pada bagian tengan mangga, kemudian mangga diputar berlawanan, tarik dan mangga siap dinikmati menggunakan sendok makan.

2. Penggarit dengan Potensi wisata religinya

Wisata Maqam Pangeran Benowo ;  Pangeran Benowo merupakan salah satu anak dari Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir dari Kerajaan Pajang, menurut menurut sejarah beliau dimaqamkan di Desa Penggarit. Kebesaran Nama beliau “Pangeran Benowo menjadikan daya tarik untuk wisata Religi ini.  banyak peziarah yang datang dari luar daerah kabupaten Pemalang. selain berziarah pengunjung juga kebanyakan ingin melihat salah satu pohon langka yang tumbuh dikomplek maqam “yaitu Pohon Naga sari.

selain maqam Pangeran Benowo, ada juga maqam salah satu sesepuh Kabupaten Pemalang ; yaitu Maqam Syeh Jamur Apu, yang juga menjadi salah satu paket wisata religi yang ada di Desa Wisata ini.

3. Penggarit dengan Potensi Wisata Edukasinya

Wilayah Desa Wisata Penggarit, dikelilingi oleh lahan persawahan yang cukup luas sehingga daerahnya masih asri dan udaranya sejuk, potensi pertanian juga ada di desa ini, salah satu pertanian yang dirintis oleh masyarakat adalah pertanian padi organik (non petisida). Pertanian padi organik ini juga ditawarkan ke pengunjung wisata , menjadi salah satu wisata edukasi yang ada di Desa Wisata Penggarit ; Pengunjung akan diajak bagaimana pola tanam Padi Organik, dengan praktek menanam langsung dilahan sawah.

4. Penggarit dengan Potensi Penangkaran Tyto Alba

Apa itu Tyto Alba ? Tyto Alba adalah sejenis burung Hantu, yang dikembangbiakan di Desa Wisata Penggarit. tuntutan akan pola tanam padi organik, sehingga mengharuskan petani menanggulangi hama tikus tanpa menggunakan petisida. dan dibudidayakanlah Habitat Tyto Alba sebagai Penanggulangan hama tikus.

Di Jawa Tengah konservasi Tyto alba hanya ada di 2 Kab, yaitu Kabupaten Demak dan Kabupaten Pemalang ‘yaitu desa Penggarit. hal tersebut yang menjadikan wisata penangkaran Tyto Alba, menarik banyak wisatawan berkunjung baik dari dalam kota maupun luar kota, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa tyto alba dan berfoto bersama. di Penangkaran Tyto Alba Penggarit juga sering dijadikan tempat study banding Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) yang ingin belajar langsung bagaimana cara menangkarkan tyto Alba, dan belum lama ini menerima kunjungan study banding dari UNNES Semarang dan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.

5. Penggarit dengan Potensi Wisata Petik buah pepaya calina

Hamparan kebun Pepaya calina yang sangat luas di Desa Wisata Penggarit, dijadikan salah satu paket kunjungan wisata di Desa ini, Pengunjung bisa memetik dan menikmati langsung manisnya buah pepaya matang dipohon dan juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pengunjung wisata juga bisa belajar bagaimana cara menanam dan cara perawatan pohon pepaya calina agar berbuah bagus.

6. Penggarit dengan Potensi Wisata Susur Sungai

Desa Wisata Penggarit dengan Pemandangan Alam yang masih alami, dengan pesona hutan, pertanian, perkebunan, ditambah satu lagi yaitu Sungai ; yang juga dimanfaatkan menjadi salah satu wisata “Susur Sungai” ; Traveler akan merasakan sensasi menyenangkan dengan menyusuri aliran sungai Kali Elon yang memiliki pesona keindahan masih asri.

7. Penggarit dengan Potensi Wisata Trabas Hutan

Trabas hutan yang ada di Desa Wisata Penggarit, menjadi salah satu kegiatan pilihan yang menguji keberanian traveler ; disediakan akomodasi pendukung seperti Sepeda ontel, Motor Offroad, dan Mobil Offroad yang bisa disewa traveler untuk jelajah Trabas Hutan pesona Keindahan Hutan Jati Desa Wisata Penggarit.

 

8. Penggarit dengan Potensi Wisata Camp Ground Bukit Watu Karut

Buat Traveler yang suka berkemah menikmati suasana malam diatas bukit Indah Watu Karut, di Desa Wisata ini juga menyediakan fasilitas tenda, camp untuk kegiatan Camp Ground.

Di Bukit watu Karut, memiliki Pemandangan yang sangat indah, dan masih asri alamnya, selain itu Pengunjung pun akan menikmati suguhan kuliner ala mbaron (kebun hutan).

9. Penggarit dengan Potensi Wisata Jembatan Andela (JKT 48)

Penasaran, Jembatannya seperti apa ?? “Kunjungi Desa Wisata Penggarit.

 

Lengkap bukan ?

Nah kalau sudah tau ayoo, ajak keluarga, saudara, sahabat, komunitas untuk datang ke Desa Wisata Penggarit dan Nikmati Wisata yang akan membuat anda Kangennn, dan berkunjung kembali.

Pemalang Hebat !

Reservasi : 083862066222/087830835911

 

Sumber : http://fedeppemalang.org/2016/11/desa-wisata-penggarit-destinasi-wisata-yang-ngangenin/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Bantuan!
Selamat Datang Di Layanan Whatsapp Resmi Info Pemalang